- Pembahasan Seleksi PTN
- SBMPTN
- Matematika Dasar
- SBMPTN 2018 K517
- SBMPTN 2018 K526
- SBMPTN 2018 K527
- SBMPTN 2018 K550
- SBMPTN 2018 K552
- SBMPTN 2017 K224
- SBMPTN 2017 K265
- SBMPTN 2017 K268
- SBMPTN 2017 K207
- SBMPTN 2017 K233
- SBMPTN 2017 K226
- SBMPTN 2017 K202
- SBMPTN 2017 K213
- SBMPTN 2017 K222
- SBMPTN 2017 K232
- SBMPTN 2016 K345
- SBMPTN 2016 K346
- SBMPTN 2016 K347
- SBMPTN 2016 K348
- SBMPTN 2016 K349
- SBMPTN 2016 K350
- SBMPTN 2015 K617
- SBMPTN 2015 K618
- SBMPTN 2015 K619
- SBMPTN 2015 K620
- SBMPTN 2015 K621
- SBMPTN 2015 K622
- SBMPTN 2015 K623
- SBMPTN 2015 K624
- SBMPTN 2014 K654
- SBMPTN 2014 K611
- SBMPTN 2014 K631
- SBMPTN 2014 K691
- SBMPTN 2014 K663
- SBMPTN 2013 K326
- SBMPTN 2013 K228
- SBMPTN 2013 K323
- SBMPTN 2013 K128
- SBMPTN 2013 K442
- SBMPTN 2013 K328
- SNMPTN 2012 K122
- SNMPTN 2011 K179
- SNMPTN 2010 K336
- SNMPTN 2009 K283
- SNMPTN 2008 K201
- SPMB tahun 2007
- SPMB tahun 2006
- SPMB tahun 2005
- SPMB tahun 2004
- SPMB tahun 2003
- SPMB tahun 2002
- UMPTN tahun 2001
- UMPTN tahun 2000
- Matematika IPA
- UTBK 2019 Mat-Saintek
- SBMPTN 2018 K452
- SBMPTN 2017 K101
- SBMPTN 2017 K124
- SBMPTN 2017 K129
- SBMPTN 2017 K135
- SBMPTN 2017 K137
- SBMPTN 2017 K138
- SBMPTN 2017 K139
- SBMPTN 2017 K140
- SBMPTN 2017 K141
- SBMPTN 2017 K142
- SBMPTN 2017 K145
- SBMPTN 2017 K146
- SBMPTN 2017 K165
- SBMPTN 2017 K166
- SBMPTN 2017 K167
- SBMPTN 2017 K168
- SBMPTN 2016 K245
- SBMPTN 2016 K246
- SBMPTN 2016 K247
- SBMPTN 2016 K248
- SBMPTN 2016 K249
- SBMPTN 2016 K250
- SBMPTN 2016 K251
- SBMPTN 2016 K252
- SBMPTN 2015 K517
- SBMPTN 2014 K554
- SBMPTN 2014 K514
- SBMPTN 2014 K523
- SBMPTN 2014 K532
- SBMPTN 2014 K586
- SBMPTN 2014 K542
- SBMPTN 2013 K436
- SNMPTN 2012 K634
- SNMPTN 2011 K574
- SNMPTN 2010 K526
- SNMPTN 2009 K276
- SNMPTN 2008 K302
- SPMB tahun 2007
- SPMB tahun 2006
- SPMB tahun 2005
- SPMB tahun 2004
- SPMB tahun 2003
- SPMB tahun 2002
- UMPTN tahun 2001
- UMPTN tahun 2000
- Matematika Dasar
- UM UGM atau UTUL UGM
- Matematika Dasar
- Pembahasan 2019 kd 934
- Pembahasan 2019 kd 633
- Pembahasan 2018 kd 286
- Pembahasan 2018 kd 585
- Pembahasan 2017 kd 723
- Pembahasan 2017 kd 823
- Pembahasan 2016 kd 571
- Pembahasan 2016 kd 371
- Pembahasan 2015
- Pembahasan 2014
- Pembahasan 2013
- Pembahasan 2010
- Pembahasan 2009
- Pembahasan 2008
- Pembahasan 2007
- Pembahasan 2006
- Pembahasan 2005
- Pembahasan 2004
- Pembahasan 2003
- Matematika IPA
- Pembahasan 2019 kode 624
- Pembahasan 2019 kode 924
- Pembahasan 2018 kode 275
- Pembahasan 2018 kode 576
- Pembahasan 2017 kode 713
- Pembahasan 2017 kode 814
- Pembahasan 2016 kode 581
- Pembahasan 2016 kode 381
- Pembahasan 2015
- Pembahasan 2014
- Pembahasan 2013
- Pembahasan 2010
- Pembahasan 2009
- Pembahasan 2008
- Pembahasan 2007
- Pembahasan 2006
- Pembahasan 2005
- Pembahasan 2005 kode 612
- Pembahasan 2004
- Pembahasan 2003
- Matematika Dasar
- UM UNDIP
- SPMK UB atau SELMA UB
- Simak UI
- SELMA UM
- SM UNRAM
- SBMPTN
- Download Soal
- UN SMP
Soal yang Akan Dibahas
Jangkauan dan rata-rata nilai ujian 6 siswa berturut-turut adalah 10 dan 6.
Jika median data tersebut adalah 6 dan selisih kuatil ke-1 dan
ke-3 adalah 6, maka jumlah dua nilai ujian terendah adalah ....
A). 2 B). 4 C). 5 D). 6 E). 8
A). 2 B). 4 C). 5 D). 6 E). 8
♠ Konsep Dasar Statistika
*). Misalkan ada data : a,b,c,d,e, dan f yang sudah terurut dari terkecil hingga terbesar.
*). Rumus dasar pada statistika :
Jangkauan = terbesar - terkecil = f−a
Median (nilai tenah) = c+d2
Kuartilnya : Q1=b dan Q3=e.
Rata-rata = a+b+c+d+e+f6
*). Misalkan ada data : a,b,c,d,e, dan f yang sudah terurut dari terkecil hingga terbesar.
*). Rumus dasar pada statistika :
Jangkauan = terbesar - terkecil = f−a
Median (nilai tenah) = c+d2
Kuartilnya : Q1=b dan Q3=e.
Rata-rata = a+b+c+d+e+f6
♣ Pembahasan
*). Misalkan keenam nilai yang dimaksud adalah a,b,c,d,e, dan f yang sudah terurut dari kecil ke besar.
*). Menyusun persamaan :
-). Jangkauan = 10
f−a=10→f=a+10 ....(i)
-). Median = 6
c+d2=6→c+d=12 ....(ii)
-). Q3−Q1=6
e−b=6→e=b+6 ....(iii)
*). Menentukan nilai a+b dari rata-rata dan menggunakan pers(i),(ii),(iii)
rata-rata =6a+b+c+d+e+f6=6a+b+c+d+e+f=36a+b+12+(b+6)+(a+10)=362(a+b)+28=362(a+b)=36−282(a+b)=8a+b=4
Jadi, jumlah dua nilai ujian terendah (a+b) adalah 4.♡
*). Misalkan keenam nilai yang dimaksud adalah a,b,c,d,e, dan f yang sudah terurut dari kecil ke besar.
*). Menyusun persamaan :
-). Jangkauan = 10
f−a=10→f=a+10 ....(i)
-). Median = 6
c+d2=6→c+d=12 ....(ii)
-). Q3−Q1=6
e−b=6→e=b+6 ....(iii)
*). Menentukan nilai a+b dari rata-rata dan menggunakan pers(i),(ii),(iii)
rata-rata =6a+b+c+d+e+f6=6a+b+c+d+e+f=36a+b+12+(b+6)+(a+10)=362(a+b)+28=362(a+b)=36−282(a+b)=8a+b=4
Jadi, jumlah dua nilai ujian terendah (a+b) adalah 4.♡
Artikel Terkait
Kode 347 Pembahasan Gradien Garis SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Suatu garis yang melalui titik (0,0) membagi persegipanjang dengan titik-titik sudut (1,2), (5,0), (1,12), dan (5,12) menjadi dua bagian yang ... selengkapnya
Kode 347 Pembahasan Fungsi Linear SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Jika f(x)=x+2a−b dan g(x)=2bx+2, serta 4f(0)=3g(1) , maka 4a−5b=.... A). 3 B). 1 ... selengkapnya
Cara 2 Pembahasan Invers Fungsi SBMPTN 2016 Matematika Dasar kode 347 Soal yang Akan Dibahas Jika fungsi f dan g mempunyai invers dan memenuhi f(x+2)=g(x−3), maka f−1(x)=.... A). g−1(x)+5 B ... selengkapnya
Cara 2 : Kode 347 Pembahasan Pertidaksamaan Pecahan SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Semua nilai x yang memenuhi 3x−3x+3≥0 adalah .... A). x0 B). −3≤x≤0 ... selengkapnya
Cara 3 : Kode 347 Pembahasan Eksponen SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Jika A2x=2, maka A5x−A−5xA3x+A−3x=.... A). 3118 B). 319 ... selengkapnya
Kode 347 Pembahasan Pertidaksamaan Mutlak SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Semua bilangan real x yang memenuhi x−1<2|x| adalah .... A). x<1 B). x<0 C). $ ... selengkapnya
Kode 347 Pembahasan Bidang Datar SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Titik X, Y, Z terletak pada segitiga ABC dengan AZ=AY, BZ=BX, dan CX=CY seperti pada gambar. J ... selengkapnya
Kode 347 Pembahasan Fungsi Invers SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Jika fungsi f dan g mempunyai invers dan memenuhi f(x+2)=g(x−3), maka f−1(x)=.... A). g−1(x)+5 ... selengkapnya
Kode 347 Pembahasan SPL SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Jika 2x+3y=12,3x−2y=5, ax+by=16 , dan ax−by=8, maka a−b=.... A). −6 B). −2 ... selengkapnya
Kode 347 Pembahasan Persamaan Kuadrat SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Misalkan m dan n adalah bilangan bulat dan merupakan akar-akar persamaan x2+ax−30=0 , maka nilai a agar m+n ma ... selengkapnya
Cara 3 : Kode 347 Pembahasan Gradien Garis SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Suatu garis yang melalui titik (0,0) membagi persegipanjang dengan titik-titik sudut (1,2), (5,0), (1,12), dan (5,12) menjadi dua bagian yang ... selengkapnya
Kode 347 Pembahasan Transformasi SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Jika grafik fungsi y=x2−(9+a)x+9a diperoleh dari grafik fungsi y=x2−2x−3 melalui pencerminan terhadap garis $ x = ... selengkapnya
Kode 347 Pembahasan Limit Fungsi SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Diketahui f(x)=ax2+b. Jika f(2b)−f(b)=3, dan limx→1f(bx)x−1=2, maka a+b=.... ... selengkapnya
Kode 347 Pembahasan Peluang SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Tujuh finalis lomba menyanyi tingkat SMA di suatu kota berasal dari 6 SMA yang berbeda terdiri atas empat pria dan tiga wanita. Diketahui satu ... selengkapnya
Kode 347 Pembahasan Matriks SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Jika $ \left( \begin{matrix} 1 & 1 \\ 0 & 1 \end{matrix} \right)B \left( \begin{matrix} 0 \\ 1 \end{matrix} \right) = \left( \begin{matrix} 1 \ ... selengkapnya
Cara 2 : Kode 347 Pembahasan Bidang Datar SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Titik X, Y, Z terletak pada segitiga ABC dengan AZ=AY, BZ=BX, dan CX=CY seperti pada gambar. J ... selengkapnya
Kode 347 Pembahasan Pertidaksamaan Pecahan SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Semua nilai x yang memenuhi 3x−3x+3≥0 adalah .... A). x<0 B). $ -3 \leq x \leq 0 ... selengkapnya
Kode 347 Pembahasan Barisan Aritmetika SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Pada suatu barisan aritmetika dengan suku-suku berbeda, jumlah suku ke-1, ke-3, dan ke-5 sama dengan jumlah suku ke-2 dan ke-4. Jika suku ke-10 sama ... selengkapnya
Cara 2 : Kode 347 Pembahasan Eksponen SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Jika A2x=2, maka A5x−A−5xA3x+A−3x=.... A). 3118 B). 319 ... selengkapnya
Cara 2 : Kode 347 Pembahasan Matriks SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Jika $ \left( \begin{matrix} 1 & 1 \\ 0 & 1 \end{matrix} \right)B \left( \begin{matrix} 0 \\ 1 \end{matrix} \right) = \left( \begin{matrix} 1 \ ... selengkapnya
Cara 2 : Kode 347 Pembahasan Pertidaksamaan Mutlak SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Semua bilangan real x yang memenuhi x−12|x| adalah .... A). x1 B). x0 D). x0 ... selengkapnya
Cara 4 : Kode 347 Pembahasan Eksponen SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Jika A2x=2, maka A5x−A−5xA3x+A−3x=.... A). 3118 B). 319 ... selengkapnya
Cara 2 : Kode 347 Pembahasan Gradien Garis SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Suatu garis yang melalui titik (0,0) membagi persegipanjang dengan titik-titik sudut (1,2), (5,0), (1,12), dan (5,12) menjadi dua bagian yang ... selengkapnya
Kode 347 Pembahasan Eksponen SBMPTN Matematika Dasar tahun 2016 Soal yang Akan Dibahas Jika A2x=2, maka A5x−A−5xA3x+A−3x=.... A). 3118 B). 319 ... selengkapnya
Soal dan Pembahasan SBMPTN Kode 347 Matematika Dasar tahun 2016 (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); Nomor 1 Misalkan m dan n adalah bilangan bulat dan merupakan akar-akar persamaan x2+ax−30=0 , ma ... selengkapnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.