- Pembahasan Seleksi PTN
- SBMPTN
- Matematika Dasar
- SBMPTN 2018 K517
- SBMPTN 2018 K526
- SBMPTN 2018 K527
- SBMPTN 2018 K550
- SBMPTN 2018 K552
- SBMPTN 2017 K224
- SBMPTN 2017 K265
- SBMPTN 2017 K268
- SBMPTN 2017 K207
- SBMPTN 2017 K233
- SBMPTN 2017 K226
- SBMPTN 2017 K202
- SBMPTN 2017 K213
- SBMPTN 2017 K222
- SBMPTN 2017 K232
- SBMPTN 2016 K345
- SBMPTN 2016 K346
- SBMPTN 2016 K347
- SBMPTN 2016 K348
- SBMPTN 2016 K349
- SBMPTN 2016 K350
- SBMPTN 2015 K617
- SBMPTN 2015 K618
- SBMPTN 2015 K619
- SBMPTN 2015 K620
- SBMPTN 2015 K621
- SBMPTN 2015 K622
- SBMPTN 2015 K623
- SBMPTN 2015 K624
- SBMPTN 2014 K654
- SBMPTN 2014 K611
- SBMPTN 2014 K631
- SBMPTN 2014 K691
- SBMPTN 2014 K663
- SBMPTN 2013 K326
- SBMPTN 2013 K228
- SBMPTN 2013 K323
- SBMPTN 2013 K128
- SBMPTN 2013 K442
- SBMPTN 2013 K328
- SNMPTN 2012 K122
- SNMPTN 2011 K179
- SNMPTN 2010 K336
- SNMPTN 2009 K283
- SNMPTN 2008 K201
- SPMB tahun 2007
- SPMB tahun 2006
- SPMB tahun 2005
- SPMB tahun 2004
- SPMB tahun 2003
- SPMB tahun 2002
- UMPTN tahun 2001
- UMPTN tahun 2000
- Matematika IPA
- UTBK 2019 Mat-Saintek
- SBMPTN 2018 K452
- SBMPTN 2017 K101
- SBMPTN 2017 K124
- SBMPTN 2017 K129
- SBMPTN 2017 K135
- SBMPTN 2017 K137
- SBMPTN 2017 K138
- SBMPTN 2017 K139
- SBMPTN 2017 K140
- SBMPTN 2017 K141
- SBMPTN 2017 K142
- SBMPTN 2017 K145
- SBMPTN 2017 K146
- SBMPTN 2017 K165
- SBMPTN 2017 K166
- SBMPTN 2017 K167
- SBMPTN 2017 K168
- SBMPTN 2016 K245
- SBMPTN 2016 K246
- SBMPTN 2016 K247
- SBMPTN 2016 K248
- SBMPTN 2016 K249
- SBMPTN 2016 K250
- SBMPTN 2016 K251
- SBMPTN 2016 K252
- SBMPTN 2015 K517
- SBMPTN 2014 K554
- SBMPTN 2014 K514
- SBMPTN 2014 K523
- SBMPTN 2014 K532
- SBMPTN 2014 K586
- SBMPTN 2014 K542
- SBMPTN 2013 K436
- SNMPTN 2012 K634
- SNMPTN 2011 K574
- SNMPTN 2010 K526
- SNMPTN 2009 K276
- SNMPTN 2008 K302
- SPMB tahun 2007
- SPMB tahun 2006
- SPMB tahun 2005
- SPMB tahun 2004
- SPMB tahun 2003
- SPMB tahun 2002
- UMPTN tahun 2001
- UMPTN tahun 2000
- Matematika Dasar
- UM UGM atau UTUL UGM
- Matematika Dasar
- Pembahasan 2019 kd 934
- Pembahasan 2019 kd 633
- Pembahasan 2018 kd 286
- Pembahasan 2018 kd 585
- Pembahasan 2017 kd 723
- Pembahasan 2017 kd 823
- Pembahasan 2016 kd 571
- Pembahasan 2016 kd 371
- Pembahasan 2015
- Pembahasan 2014
- Pembahasan 2013
- Pembahasan 2010
- Pembahasan 2009
- Pembahasan 2008
- Pembahasan 2007
- Pembahasan 2006
- Pembahasan 2005
- Pembahasan 2004
- Pembahasan 2003
- Matematika IPA
- Pembahasan 2019 kode 624
- Pembahasan 2019 kode 924
- Pembahasan 2018 kode 275
- Pembahasan 2018 kode 576
- Pembahasan 2017 kode 713
- Pembahasan 2017 kode 814
- Pembahasan 2016 kode 581
- Pembahasan 2016 kode 381
- Pembahasan 2015
- Pembahasan 2014
- Pembahasan 2013
- Pembahasan 2010
- Pembahasan 2009
- Pembahasan 2008
- Pembahasan 2007
- Pembahasan 2006
- Pembahasan 2005
- Pembahasan 2005 kode 612
- Pembahasan 2004
- Pembahasan 2003
- Matematika Dasar
- UM UNDIP
- SPMK UB atau SELMA UB
- Simak UI
- SELMA UM
- SM UNRAM
- SBMPTN
- Download Soal
- UN SMP
Soal yang Akan Dibahas
Banyaknya bilangan ganjil yang terdiri dari 3 angka yang disusun dari angka-angka 2, 3, 4, 6,
7, dan 8, tanpa ada pengulangan adalah ....
A). 24 B). 28 C). 40 D). 60 E). 120
A). 24 B). 28 C). 40 D). 60 E). 120
♠ Konsep Dasar Kaidah pencacahan (aturan perkalian)
*). Misalkan kejadian pertama ada p cara dan kejadian kedua ada q cara, maka total cara adalah p×q cara.
*). Misalkan kejadian pertama ada p cara dan kejadian kedua ada q cara, maka total cara adalah p×q cara.
♣ Pembahasan
*). Pilihan angkanya : 2,3,4,6,7,8 (ada 6 pilihan). Akan disusun bilangan ganjil terdiri dari tiga angka/digit tanpa pengulangan, sehingga kita akan mengisi bagian satuannya dulu dengan angka ganjil.
*). Menyusun bilangan terdiri tiga angka :
-). Satuan ganjil, ada 2 pilihan
-). Puluhan ada 5 pilihan tersisa karena satu angka sudah dipakai untuk satuan
-). Ratusan ada 4 pilihan tersisa karena dua angka sudah dipakai sebelumnya.
-). Total cara : 2×4×5=40 cara.
Jadi, ada 40 bilangan ganjil yang terbentuk .♡
*). Pilihan angkanya : 2,3,4,6,7,8 (ada 6 pilihan). Akan disusun bilangan ganjil terdiri dari tiga angka/digit tanpa pengulangan, sehingga kita akan mengisi bagian satuannya dulu dengan angka ganjil.
*). Menyusun bilangan terdiri tiga angka :
-). Satuan ganjil, ada 2 pilihan
-). Puluhan ada 5 pilihan tersisa karena satu angka sudah dipakai untuk satuan
-). Ratusan ada 4 pilihan tersisa karena dua angka sudah dipakai sebelumnya.
-). Total cara : 2×4×5=40 cara.
Jadi, ada 40 bilangan ganjil yang terbentuk .♡
Artikel Terkait
Pembahasan Suku Banyak UM UGM 2006 Matematika Ipa Soal yang Akan Dibahas Diketahui f(x) suku banyak derajat tiga, dengan koefisien x3 sama dengan 1, yang habis dibagi (x−3) dan (x+1). Jika $ ... selengkapnya
Pembahasan Persamaan Kuadrat UM UGM 2006 Matematika Ipa Soal yang Akan Dibahas Jumlah kuadrat akar-akar persamaan x2−3x+n=0 sama dengan jumlah pangkat tiga akar-akar persamaan x2+x−n=0. Maka ni ... selengkapnya
Pembahasan Dimensi Tiga UM UGM 2006 Matematika Ipa Soal yang Akan Dibahas Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 4 cm. Titik P pada rusuk AE dengan AP=3 cm, Q titik tengah AB. Luas segitiga H ... selengkapnya
Pembahasan Integral UM UGM 2006 Matematika Ipa Soal yang Akan Dibahas Luas daerah yang diarsir di bawah adalah .... A). $ \frac{\pi}{6} + \int \limits_\frac{\pi}{3}^\f ... selengkapnya
Pembahasan Barisan Geometri UM UGM 2006 Matematika Ipa Soal yang Akan Dibahas Diketahui a dan b adalah akar-akar persamaan x2−2x+k=0 dan a−52 , a+b , a+5 merupakan bari ... selengkapnya
Pembahasan Trigonometri UM UGM 2006 Matematika Ipa Soal yang Akan Dibahas A, B, dan C adalah sudut-sudut ΔABC. Jika A−B=30∘ dan sinC=56 , maka sinA.cosB=.... ... selengkapnya
Cara 2 Pembahasan Limit UM UGM 2006 Matematika Ipa Soal yang Akan Dibahas Jika f(x)=1−x2−√x2+3 , maka limx→1f(x)=.... A). 0 B). $ ... selengkapnya
Pembahasan Trigonometri Rangkap UM UGM 2006 Matematika Ipa Soal yang Akan Dibahas Jika cosα1−sinα=a , untuk α≠π2+2kπ , maka tanα2=.... ... selengkapnya
Pembahasan Persamaan Logaritma UM UGM 2006 Matematika Ipa Soal yang Akan Dibahas Jika a dan b adalah akar-akar persamaan 55log(4x2+3)+42log(x2−1)=39 , maka a+b=.... ... selengkapnya
Pembahasan Turunan UM UGM 2006 Matematika Ipa Soal yang Akan Dibahas Grafik fungsi f(x)=x2x−1 naik untuk nilai-nilai : .... A). 0<x<1 atau x>2 B). $ x & ... selengkapnya
Pembahasan Pertumbuhan UM UGM 2006 Matematika Ipa Soal yang Akan Dibahas Jumlah penduduk suatu kota tiap 10 tahun menjadi dua kali lipat. Menurut hasil sensus, pada tahun 2005 jumlah penduduk kota tersebut adal ... selengkapnya
Pembahasan Logaritma UM UGM 2006 Matematika Ipa Soal yang Akan Dibahas Nilai dari 1/klogm2.1/mlogn2.1/nlogk2 adalah .... A). 4 B). −4 ... selengkapnya
Pembahasan Limit UM UGM 2006 Matematika Ipa Soal yang Akan Dibahas Jika f(x)=1−x2−√x2+3 , maka limx→1f(x)=.... A). 0 B). $ ... selengkapnya
Pembahasan Transformasi UM UGM 2006 Matematika Ipa Soal yang Akan Dibahas Matriks transformasi yang mewakili pencerminan terhadap sumbu X dilanjutkan dengan rotasi 90∘ berlawanan arah jarum jam denga ... selengkapnya
Pembahasan Vektor UM UGM 2006 Matematika Ipa Soal yang Akan Dibahas Jika proyeksi vektor →u=3→i+4→j ke vektor →v=−4→i+8→j adalah vektor →w, maka $ |\vec{ ... selengkapnya
Soal dan Pembahasan UM UGM 2006 Matematika IPA (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); Nomor 1 Nilai dari 1/klogm2.1/mlogn2.1/nlogk2 adalah .... A). 4 ... selengkapnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.